CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 13 Agustus 2008

Rosululloh, Guru Terhebat

Guru adalah jabatan yang paling mulia di dunia, karena dg seorang guru tumbuh manusia2 hebat sepanjang masa. Tugas utama manusia adalah sbg guru, untuk bertanggung jawab melahirkan pemimpin2 baru bg umat di masa depan.

Siapakah guru itu???, jawabannya simple sekali, guru adalah orang yg mengajarkan sesuatu kpd kita.Siapapun dia, tua atau lebih muda dr kita.Jangan merasa digurui apabila yg memberikan ilmu adalah orang yg lebih muda dr kita. dalam hadist Rosul "Undhur maa qoola wa laa tandhur man qoola" artinya, lihatlah apa yg dibicarakannya jangan melihat siapa yg berbicara. Tapi dalam dunia pendidikan sekarang ini adalah kebalikannya, misalnya muncul sebutan guru favorit, guru yg menjadi kebanggaan anak didiknya trus kemudian adalagi klo guru yg mengajar cakep :)>, maka lebih mudah bs menyerap pelajaran dan cepat masuk otak.

Kalau kita mau belajar dr siroh atau biografi kekasih kita, Rosululloh yang penuh barokah yaitu pada saat Alloh mengutus beliau menjadi seorang guru, Insya Alloh bs menjadikan kita seorang guru fav, walaupun tidak sehebat Rosul.Tapi paling tdk bs mencontoh sedikit dr sekian cara beliau. Lihatlah para generasi Awal2 perkembangan Islam, beliau2 para sahabat adalah sebaik2nya generasi di muka bumi ini, ini tidak lain adalah peran Rosululloh dalam mendidik para sahabat Rodliallohu'anhu serta para generasi muslimah dan para Ummahatul mu'minin tercinta. Bahkan para pemimpin negeri lain sangat takjub dengan hasil didikan Rosul ketika ada utusan sahabat untuk menghadap seorang raja untuk menyampaikan surat dari Rosul.

Guru bukanlah orang yang harus mengajar scr langsung di depan murid2nya, tp contoh atas ketakjuban terhadap seseorang yg memberikan hikmah pada kita jg termasuk guru, dan hal ini kebanyakan tanpa disadari atau tidak sering membekas di hati. contoh dari pengalaman aku sendiri, ketika berjumpa dengan seorang yg dikenalkan teman, baru pertama berjumpa tapi segala tingkah laku dan kelembutan tutur katanya sangt menawan hati. bisa di bilang klo melihat beliau hati merasa adem/damai.

so, bg teman2 yang punya keinginan atau sudah menjadi seorang guru cukup dengan menerapkan metode mengajar Rosululloh kita akan menjadi sosok guru yg di favoritkan siswa, kalau diterapkan dalam kehidupan keluarga kelak dalam mendidik putra putri kita insya Alloh akan mampu menghasilkan generasi2 yang robbani.

Wallohu'alam

0 komentar: